• SMKN 3 TANJUNGPANDAN
  • Where Tomorrow's Leaders Come Together

PRAKERIN Sebagai Wadah Pengembangan dan Pengimplementasian Keterampilan Kerja Profesional di Dunia Usaha dan Dunia Industri

Praktik kerja industri (Prakerin) adalah salah satu program wajib bagi siswa-siswi SMK. SMKN 3 Tanjungpandan pada tanggal 31 Maret 2021 melepas siswa-siswi ke berbagai dunia usaha dan dunia industri (du/di), yang diantar dan didampingi langsung oleh pembimbing prakerin masing-masing.

Pada kegiatan Prakerin tahun 2021 ini, SMKN 3 Tanjungpandan bekerjasama dengan berbagai pihak dunia usaha dan dunia industri yang sebelumnya sudah diikat dengan nota kesepakatan kerjasama dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU).

Siswa-siswi SMKN 3 Tanjungpandan mulai melaksanakan Praktik kerja industri pada tanggal 1 April s.d. 31 Agustus 2021. . Pada tanggal 1 september sampai 30 september 2021  siswa-siswi membuat atau menyusun laporan prakerin dalam bentuk file powerpoint dan di presentasikan.

Prakerin SMKN 3 TAnjungpandan pada tahun ini melibatkan 3 jurusan yaitu Tata Busana (TBS), Tata Kecantikan,Kulit dan Rambut (TKKR), Tata Boga (TTB). Adapun Jumlah siswa-siswi yang ikut dalam kegiatan Prakerin 36 siswa untuk jurusanTata Busana (TBS),70 siswa Jurusan Tata Kecantikan,kulit dan rambut (TKKR),dan 104 siswa untuk jurusan Tata Boga ( TTB).

Panitia Prakerin menempatkan siswa-siswi ke 12 tempat prakerin untuk jurusan  Tata Busana untuk 1 kelas, 19  tempat prakerin untuk jurusan Tata Kecantikan,Kulit dan Rambut untuk 2 kelas, dan 24 tempat prakerin untuk jurusan Tata Boga untuk 3 kelas.

 

Dalam pelaksanaannya nanti pihak Pembimbing setiap 1 bulan sekali akan memantau dan akan memonitoring siswa-siswi binaannya, terkait perkembangan saat mereka melaksanakan kegiatan prakerin.


Dengan praktik kerja industri (Prakerin) siswa-siswi SMKN 3 Tanjungpandan diharapkan dapat memberi manfaat positif seperti :

1. Menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keahlian profesional, dengan keterampilan, pengetahuan, serta etos kerja yang sesuai dengan tuntutan zaman.

2. Mengasah keterampilan yang diberikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

3. Menambah keterampilan, pengetahuan, gagasan-gagasan seputar dunia usaha serta industri yang professional dan handal.

4. Membentuk pola pikir siswa -siswi agar terkonstruktif baik serta memberikan pengalaman dalam dunia Industri maupun dunia kerja.

5. Menjalin kerja sama yang baik antara sekolah dan perusahaan terkait, baik dalam dunia usaha maupun dunia Industri.

6. Mengenalkan siswa-siswi pada pekerjaan lapangan di dunia industri dan usaha sehingga pada saatnya mereka terjun ke lapangan pekerjaan yang sesungguhnya dapat beradaptasi dengan cepat.

7. Meningkatkan efisiensi waktu dan tenaga dalam mendidik dan melatih tenaga kerja yang berkualitas.

8. Sebagai bentuk pengakuan dan penghargaan bahwa pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.

9. Mempersiapkan sumber daya manusia berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan di era teknologi informasi dan komunikasi terkini.

10. Memberikan dampak positif pada pihak sekolah dan siswa-siswi itu sendiri, karena keahlian yang tidak diajarkan di sekolah didapat di dunia usaha/industri.

 

Abdul Albar,S.Ag. selaku Kepala SMKN 3 Tanjungpandan berharap siswa-siswi dapat melaksanakan dan menjalankan kegiatan Prakerin ini dengan baik, banyak hal positif yang dapat dipetik dari kegiatan Prakerin ini, Prakerin ini adalah wadah untuk mengembangkan dan mengimplementasikan ilmu kejuruan dan keterampilan yang sudah didapat dari pendidikan di sekolah hingga terselaras dengan keadaan dan kondisi yang berkembang begitu pesat di dunia usaha dan dunia industri secara profesional. Jangan lupa jaga nama baik diri dan nama baik sekolah dan tetap menerapkan protokoler kesehatan di masa pandemi Covid 19 ini.

 

 

 

 

 

 

 

Komentari Tulisan Ini